RESENSI MANAJEMEN PELAYANAN UMUM DI INDONESIA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya di sini akan sedikit meresume buku berjudul MANAJEMEN PELAYANAN UMUM DI INDONESIA

Buku karya Drs. H.A.S Moenir ini di susun untuk meningkatkan pelayanan umum di indonesia, Karena timbulnya kompetisi dalam pelaksanaan layanan baik menyangkut cara,teknik,atau metode yang menarik para pengguna jasa layanan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pelayanan umum, administrasi perkantoran, motif, sikap, dan tingkah laku pelayanan, serta manajemen pelayanan umum mutlak di pahami oleh pimpinan perusahaan, atau siapapun yang bergerak di bidang usaha pelayanan umum.

Buku ini berisi 6 bab yang berisi tentang tata cara pelayanan umum yang sangat bermanfaa bagi para pembaca atau yang ingin mengetahui cara pelayanan umum yang baik. Bab pertama berisi tentang masyarakat dan pelayanan umum, masyarakat sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan orang lain dan saling membutuhkan satu sama lain hingga membentuk keluarga, suku dan bangsa. Dengan awal yang berbentuk keluarga kemudian dalam anggota rukun tetangga atau RT dan berlanjut sampai bersuku atau berbangsa.

Menurut pak moenir masyarakat di bagi menjadi 2 golongan yaitu masyarakat keluarga dan masyarakat kepetingan. Masyarakat keluarga yaitu cikal bakal terbentuknya suatu bangsa, yang berasal dari suami-istri dan kemudian membentuk rumah tangga yang bahagia dunia-akhirat, penuh  dengan rahmah dan mawaddah. Sedangkan masyarakat kepentingan yaitu hanya di gunakan dalam kaitan untuk membedakan dengan masyarakat keluarga dari segi proses terbentuknya. Dan istilah inilah yang akan di gunakan untuk pembahasan selanjutnya.

Bab 2 membahas pelayanan umum dan hal dasar warga negara, yaitu ialah seperangkat hak yang melekat pada setiap orang sejak orang itu di lahirkan. Hak dasar atau disebut juga hak asasi diberikan oleh Allah yang maha pencipta. Hak dari negara juga di berikan kepada setiap warga negara seperti pada UUD 1945 Alinea 1, Bahwa sesungguhnya kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan keadilan. Dan secara internasional hak asasi telah di rumuskan pada tanggal 10 Desember 1948 sesudah perang dunia kedua.

Bab 3 membahas tentang pelayanan umum dan administrasi perkantoran yang membahas tentang pengertian perkantoran, fungsi perkantoran, pusat administrasi, pusat data dan informasi, kegiatan perkantoran, administrasi perkantoran.

Bab 4 membahas tentang faktor pendukung pelayanan umum, yaitu di antaranya faktor kesadaran para pejabat serta petugas yang berkecimpung dalam pelayanan umum, faktor aturan, faktor organisasi, faktor pendapatan, faktor keterampilan dan faktor sarana dalam pelaksanaan tugas pelayanan. 6 faktor itu masing-masing mempunyai peranan berbeda tetapi saling brpengaruh dan secara bersama-sama akan mewujudkan pelaksanaan pelayanan secara baik. Jika salah satu dari enam faktor itu tidak ada atau sangat tidak memadai pelayanan akan terasa kurang bahkan jika faktor pertama yang tidak ada maka fatallah pelayanan itu.

Bab 5 membahas tentang motif,sikap dan tingkah laku pelayanan karena setiap kegiatan yang di lakukan oleh seseorang tidak terlepas dari berbagai motif dan sikap, yang mendorong seseorang tersebut melakukan serangkaian perbuatan yang disebut kegiatan. Motif adalah daya yang timbul dari dalam diri orang yang mendorong orang itu untuk berbuat sesuatu. Karena itulah motif akan di bahas agar menjadi pendorong perbuatan yang positif sesuai dengan apa yang di kehendaki oleh organisasi. Meski sudah ada motif namun belum menjamin bahwa perbuatan itu akan menghasilkan sesuatu yang di kehendaki.

Maka perlu di tambah atau di sertai sikap dan tingkah laku yang dibawakan oleh orang yang bersangkutan. Sikap akan memberi warna terhadap perbuatan itu. Sehingga pihak yang menerima akan merasa puas dan mempunyai kesan baik terhadap cara pelayanan yang berikan. Hal ini berdampak positif terhadap organisasi dan para pelaku pelayanan pada organisasi itu.

Bab 6 membahas tentang manajemen pelayanan umum, Manajemen pelayanan umum disini dimaksud adalah aktivitas yang di lakukan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Di dalam ini di bahas aktivitas menetapkan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan organisasi,menetapkan cara yang tepat, melaksanakan pekerjaan,menyelesaikan masalah,mengendalikan kegiatan/proses pelayanan,mengevaluasi pelaksanaan tugas/pekerjaan.

Dalam bab terakhir juga di bahas penyelenggara manajemen pelayanan, penanggung jawab fungsi layanan,pelaku layanan umum, bentuk layanan, layanan yang berbentuk perbatan.

Buku karya Drs. H.A.S Moenir ini sangat berguna bagi mahasiswa atau pelaku perkantoran yang ingin memberi pelayan yang sangat prima. Dan memberi kesan baik para pelanggan atau yang di beri pelayanan.

Sangat sulit mencari kekurangan buku ini karenan menurut saya pribadi buku ini sudah memuat segala yang di butuhkan bagi pemberi pelayanan.

Sekian resume dari buku yang berjudul MANAJEMEN PELAYANAN UMUM DI INDONESIA.

Mohon maaf jika ada salah kata atau salah dalam penulisan,

Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

 

Muhammad Ben Maharibuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 + = 60